4 Peninggalan Kerajaan Tertua di Indonesia

4 Peninggalan Kerajaan Tertua di Indonesia

4 Peninggalan Kerajaan Tertua di Indonesia – Kerajaan ini diperkirakan berdiri pada abad ke-5 Masehi atau 400 tahun Masehi, yang diterangkan dengan ditemukannya peninggalan Kerajaan Kutai 7 buah Yupa atau prasasti berupa tiang batu. Yupa hal yang demikian ditulis dengan huruf pallawa dan bahasa Sansekerta yang telah mengetahui agama Hindu.Yupa memiliki 3 fungsi utama, adalah sebagai prasasti, tiang pengikat binatang untuk upacara korban keagamaan, serta lambang kebesaran raja.

Pakar sejarah meyakini bahwa pada artikel yang tertera di yupa, Raja Kudungga diperkirakan berasal https://tuscanyhomescolorado.com/ autentik dari Indonesia.Kecuali yupa, Kerajaan Kutai juga mempunyai benda peninggalan lainnya yang menggambarkan kejayaan kerajaan ini di masa lampau. Sebagian peninggalan Kerajaan Kutai masih dapat ditemukan di Museum Mulawarman yang lokasinya ada di Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Kura-Kura Emas

Kura-kura emas ialah salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Kutai yang kini berada di Museum Mulawarman.Benda sebesar separo kepalan tangan ini ialah salah satu persembahan pangeran yang berasal dari Kerajaan China terhadap Putri Sultai Kutai yang bernama Aji Bidara Putih.

Prasasti Yupa

Salah satu bukti ketidakhadiran Kerajaan Kutai di Indonesia ditandai dengan ditemukannya peninggalan prasasti yang berwujud Yupa.Yupa yang ditulis mengaplikasikan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta hal yang demikian berbentuk seperti 3 tiang batu, yang Data SDY konon diterapkan untuk mengikat kurban untuk persembahan terhadap dewa.Itulah sejarah dan sebagian peninggalan Kerajaan Kutai yang dapat menambah acuan Anda dalam memahami kerajaan-kerajaan di Indonesia.

Kalung Uncal

Kalung Uncal berbahan emas ini mempunyai muatan 170 gram dengan hiasan liontin berelief Kisah Ramayana.Kalung Uncal menjadi salah satu atribut dari Kerajaan Kutai yang diaplikasikan Sultan Kutai Kartanegara sejak Kutai Martadipura dapat dijajah dan ditaklukkan.

Ketopong Sultan Kutai

Ketopong Sultan adalah mahkota raja dari Kerajaan Kutai yang terbuat dari bahan-bahan emas dengan berat 1,98 kg. Sampai kini mahkota hal yang demikian masih tersimpan rapi di Musem Nasional Jakarta.Mahkota Ketopong Sultan ditemukan sekitar tahun 1890 di tempat Muara Kaman, Kutai Kartanegara. Di museum Mulawarman juga terdapat replika Ketopong Sultan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *